Kamis, 12 Mei 2016

Tentang Lambang



1. Lambang PMI

Lambang Palang Merah Indonesia terdiri dari dua bagian yaitu:

1. Palang Merah
Simbol positif berwarna merah, palang merah adalah lambang Gerakan Palang Merah yang digunakan sejak tahun 1863 hasil Konferensi
Internasional di Jenewa. Palang Merah dengan dasar putih adalah warna kebalikan dari warna bendera Negara Swiss hal tersebut ditetapkan sebagai penghargaan kepada Bapak Henry Dunant yang warga negara Swiss. 

2. Sekuntum Bunga Melati
Bunga Melati berwarna putih, dengan garis tepi berwarna merah, memiliki lengkung kelopak bunga sebanyak lima buah. Bunga melati adalah bunga identitas Negara Republik Indonesia. Lengkung lima kelopak bunga melambangkan Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia.

2. Lambang PMR

Lambang Palang Merah Remaja terdiri dari tiga bagian yaitu:

     I. Lambang PMI.
Palang Merah dilingkari kelopak Bunga Melati Putih yang menunjukkan bahwa PMR adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia.

    II. Perisai.
Perisai adalah alat pertahanan dalam pertempuran. Melambangkan bahwa remaja adalah salah satu pelindung kelangsungan hidup manusia yang dengan mengedepankan rasa kemanusiaan untuk menolong sesama.

    III. Tulisan
Tulisan Palang Merah Remaja Indonesia, yang menunjukkan nama organisasi wadah pembinaan para remaja ini dan keberadaannya ada di Indonesia.

 Sekian teman-teman tentang lambang PMI dan PMR semoga menambah wawasan teman-teman, jika ada pertanyaan silakan berkomentar di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo Komentar Kawan !